Kompas.com - 24/04/2018, 07:00 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi

KOMPAS.com - Sifat merasa tidak aman aman alias insecure bisa dimiliki setiap orang. Tapi, kebanyakan orang tidak menyadarinya. Padahal, salah satu cirinya adalah gampang tersinggung.

Menurut psikolog klinis Linda Blair, kita sadar kita insecure jika reaksi pertama pada setiap perubahan adalah takut dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang kita.

"Jadi, ketika kita pertama-tama menganggap diri sendiri bertentangan dengan orang lain, kita tidak yakin dengan diri sendiri, itu adalah bentuk rasa tidak aman," kata Blair seperti dikutip Insider.

Dengan kata lain, bila kita mengatakan "Saya mengerjakan pekerjaan itu sebisa yang saya mampu", maka kita termasuk orang yang percaya diri.

Bila kita bertanya-tanya tentang apa yang orang lain akan pikirkan dan khawatir dengan penilaian mereka, besar kemungkinan kita termasuk orang yang insecure.

"Jika kamu tahu sudah melakukan sebaik mungkin dan orang lain tak menyukainya, anggaplah itu masalah mereka, bukan kamu," kata Blair.

Ia mengatakan, ada perbedaan besar antara sikap percaya diri dan tidak peduli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Blair, semakin kita percaya diri, semakin kita benar-benar peduli tentang apa yang dipikirkan orang lain.

Sebagai contoh, ketika rekan kerja atau atasan di kantor ingin kita membuat perbaikan pada tugas yang sedang dikerjakan, kita akan melakukannya.

Tidak ada rasa marah atau terluka dengan saran tersebut karena kita memang sudah berusaha sebaik mungkin.

Remaja seringkali salah dimengerti karena alasan ini. Mereka berusaha kerasa untuk tampak percaya diri padahal mereka butuh pengakuan.

Jika orangtua tidak menyadarinya, remaja akan mereka tidak ada orang yang memahami perasaannya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.