Jenis Olahraga yang Paling Efektif Mengurangi Gejala Depresi

Kompas.com - 11/05/2018, 19:01 WIB
Ilustrasi push up Mina3686Ilustrasi push up
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Olahraga pada dasarnya mampu menghilangkan depresi. Namun, ternyata ada jenis olahraga yang dianggap lebih efektif mengurangi depresi.

Studi yang dipublikasikan pada journal JAMA Psychiatry, menemukan bahwa resistance exercise training (RET), seperti angkat beban dan latihan kekuatan mampu secara signifikan mengurangi gejala depresi.

Selain itu, sejumlah manfaat fisik juga dicapai. Di antaranya membuat tulang-tulang lebih kuat dan menghindari penyakit kronis.

Studi dilakukan salah satunya oleh Brett Gordon, peneliti pascasarjana di departemen pendidikan fisik dan olahraga di University of Limerick, Irlandia.

Gordon menilai temuan itu menarik, karena angkat beban dan latihan kekuatan cenderung terjangkau dan dapat dilakukan di rumah.

Olahraga tersebut juga dinilai ampuh mengatasi depresi, seperti fungsi antidepresan dan terapi behavioral.

Baca juga: Kurangi Depresi dengan Olahraga dan Berkeringat

Dalam studi tak dijelaskan secara tepat soal bukti hubungan sebab-akibat temuan tersebut. Namun, penelitian lainnya menemukan bahwa peningkatan aliran darah ke otak saat melakukan olahraga bisa mengubah struktur dan fungsi otak.

Kemudian, terbentuklah sel-sel otak dan memicu pelepasan perasaan bahagia dari hormon endorfin.

Gordon bersama koleganya menganalisa 33 percobaan klinis, melibatkan total sekitar 2.000 orang. Percobaan klinis tersebut meneliti efek-efek RET terhadap gejala depresi.

Mereka pun menemukan bahwa RET diasosiasikan dengan perbaikan gejala depresi.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X