Mengenali Orang yang Memiliki Kecenderungan Bunuh Diri

Kompas.com - 21/06/2018, 22:13 WIB
Ilustrasi bunuh diri asiandelightIlustrasi bunuh diri
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Robin Williams, Kurt Cobain, Chester Bennington, Kate Spade, dan Anthony Bourdain. Apa kesamaannya? Ya mereka adalah orang terkenal, terbilang sukses, namun mengakhiri hidupnya sendiri.

Kita sering tidak habis pikir mengapa orang yang memiliki harta dan ketenaran justru merasa depresi dan akhirnya nekat bunuh diri. Apa penyebabnya? Apakah ada ciri-ciri orang yang berpotensi bunuh diri?

Bunuh diri bukanlah penyakit mental, namun biasanya adalah potensi hasil dari penyakit mental yang serius, yang dapat meliputi depresi, kelainan bipolar, stres, kegelisahan, atau gangguan post-trauma.

Mewaspadai diri terhadap gejala umum bunuh diri dapat membantu kita menghindari konsekuensi yang buruk dan mengetahui akar penyebab perasaan ingin bunuh diri.

Baca juga: Mitos Keliru tentang Bunuh Diri

Apa saja tanda-tanda seseorang berpotensi ingin bunuh diri?

1. Merasa tidak punya harapan

Hal ini adalah gejala paling umum pada orang-orang yang menderita depresi. Orang-orang yang memikirkan tentang bunuh diri sering merasa terjebak atau tidak memiliki harapan terhadap suatu situasi.

Tidak adanya harapan dapat menyebabkan seseorang memiliki perasaan negatif terhadap kondisi saat ini dan bahkan ekspektasi terhadap masa mendatang.

2. Perasaan sedih dan moody yang ekstrem

Memiliki mood swings, yaitu merasa senang secara ekstrem dan sedih secara mendalam pada keesokan harinya.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X