Kompas.com - 02/07/2018, 13:03 WIB

KOMPAS.com - Mereka yang kurang mampu secara finansial cenderung memiliki kemurahan hati yang tinggi. Hal ini dibuktikan secara ilmiah lewat sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University, London.

Periset melakukan eksperimen sosial untuk mengeksplorasi sejauh mana kekayaan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk bermurah hati.

Peserta dalam riset dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok 'status tinggi' dan 'status lebih rendah'.

Pembagian ini ditentukan oleh jumlah uang yang mereka miliki.

Selama penelitian, peserta harus memutuskan berapa banyak uang yang ingin mereka simpan untuk diri sendiri dan seberapa banyak uang yang akan dibagian pada orang lain.

Hasilnya, peneliti menemukan mereka yang masuk dalam kelompok 'status rendah' cenderung membagikan uang mereka untuk orang lain dalam porsi yang lebih besar.

Sementara itu, mereka yang masuk dalam kelompok 'status tinggi' yang telah memperoleh uang dari usaha sendiri, justru memiliki kemungkinan lebih rendah untuk menampilkan sifat murah hati.

Menurut Magda Osman, selaku pemimpin riset, bagi individu dengan status tinggi, cara bagaimana kekayaan dicapai tampaknya menjadi faktor kunci yang menentukan tingkat kemurahan hatinya.

Namun, hal tersebut berbeda pada individu yang masuk dalam kelompok berstatus rendah.

“Bagaimana mereka sampai pada status rendah mereka tidak membuat perbedaan pada perilaku mereka,” paparnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.