Pengeluaran Pangeran Charles untuk Busana Keluarga Kerajaan

Kompas.com - 03/07/2018, 08:00 WIB
Meghan Markle saat acara  the Queens Young Leaders Awards Meghan Markle saat acara the Queens Young Leaders Awards


KOMPAS.com - Menjadi bangsawan berarti harus menjalani sederet tugas-tugas kerajaan. Salah satu yang menyenangkan dari tugas ini adalah bisa memakai baju-baju keren dan modis setiap saat.

Keluarga kerajaan Inggris bisa memilih baju desainer yang mereka sukai untuk menghadiri acara kerajaan tanpa perlu membayarnya.

Pangeran Charles ternyata menanggung semua pengeluaran untuk pakaian Pangeran William, Kate Middleton, Pangeran Harry, dan sekarang, Meghan Markle, yang dipakai untuk menghadiri acara resmi.

Pengeluaran untuk pakaian tersebut dikabarkan meroket sejak Harry dan Meghan bertunangan.

Tahun lalu, Pangeran Charles menghabiskan 4.96 juta poundsterling untuk aktivitas William, Harry, dan Kate. Jumlah itu naik dari sebelumnya 3,52 juta poundsterling.

Sejak Meghan masuk dalam keluarga ini, terjadi peningkatan sekitar 1.43 juta pounds.

Baca juga: Gaun Neckline Khas Meghan Markle Tak Boleh Dipakai di Royal Ascot

Meski begitu, keluarga kerajaan baru membayari pengeluaran Meghan setelah mereka resmi menikah pada 19 Mei lalu.

Meghan dikabarkan mengeluarkan dana pribadinya sekitar 30.000 dollar AS untuk pakaian yang dipakainya di acara kerajaan.

Naiknya dana belanja pakaian keluarga kerajaan itu ternyata lebih banyak disebabkan karena Pangeran William, Pangeran Harry, dan Kate Middleton kini banyak melakukan tugas kerajaan setelah Ratu Elizabeth mulai mengurangi aktivitasnya.

Lebih banyak tugas kerajaan berarti lebih banyak busana yang harus dibeli. Wajar jika pengeluaran ikut bertambah.

Menurut The Telegraph, Pangeran William membayari pengeluaran itu dari pendapatan yang ia terima dari Duchy of Cornwall (sebuah lahan pribadi yang dimiliki kerajaan sejak era Edward III di tahun 1337).

Walau begitu, tidak semua hal harus dibiayai oleh Pangeran Charles. Untuk biaya perjalanan, dananya berasal dari Ratu dan Sovereign Fund alias aset finansial yang sebenarnya juga didanai pembayar pajak.



Sumber ELLE
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X