Kompas.com - 07/08/2018, 15:30 WIB
Ilustrasi mencuci wajah KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAIlustrasi mencuci wajah

JAKARTA, KOMPAS.com - Arang mungkin kerap diasosiasikan kotor karena penampilannya. Namun, di balik tampilan tersebut, ada satu manfaat dari arang, terutama pada activated charcoal atau arang aktif.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Rompu Roger Aruan, arang aktif relatif aman karena tidak bereaksi dan memiliki fungsi menyerap seperti busa.

Dalam dunia medis, kata Roger, arang aktif sudah lebih dulu digunakan untuk masalah diare. 

Belakangan, arang aktif mulai digunakan untuk masalah kulit, salah satunya karena fungsi menyerap dan sifatnya yang tidak aktif bereaksi.

Baca juga: Ini Dampak Kosmetik Palsu Bagi Kulit

Arang aktif di kulit berfungsi untuk menyerap zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, termasuk polutan seperti debu, kotoran, bakteri atau zat kimia.

“Sifat menyerap arang aktif itu seperti busa ditaruh air. Dia akan diam, dan menyerap,” ungkap Roger saat peluncuran Nivea Men Black Charcoal, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, Roger mengingatkan, penggunaan arang aktif sebaiknya setelah dimasukkan ke dalam produk-produk tertentu dan resmi, karena bisa dipertanggungjawabkan serta didasari riset.

Hal ini juga berfungsi agar manfaat yang didapat maksimal serta menghindari risiko-risiko kesehatan lainnya.

Salah satu produk yang dikategorikan dapat digunakan untuk kulit adalah pembersih wajah.

Sifat menyerap arang aktif dalam bentuk busa akan menyerap zat-zat berbahaya bagi tubuh, dan akan hilang setelah dibilas air.

Baca juga: Pakai Masker Wajah Terlalu Lama Justru Merusak Kulit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.