Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galau Karena Kepikiran Hal yang Sama Berulang Kali?

Kompas.com - 21/08/2018, 12:40 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Disadari atau tidak, kamu mungkin pernah memikirkan satu hal terus-menerus yang akhirnya jadi bikin galau dan cemas. Misalnya, kepikiran terus apakah proyek kantor bakal “gol” padahal rencananya memang belum matang.

Mungkin ada yang terus-terusan cemas bisa lulus skripsi atau tidak, ya? Lainnya mungkin tidak mengetahui apa yang menjadi sumber kekhawatiran mereka. Yang mereka rasakan adalah rasa tak berdaya dan tak enak hati karena dihantui oleh pikiran negatif yang tidak jelas asal-usulnya. Dalam dunia psikologis, kondisi ini disebut ruminasi.

Berbagai hal negatif yang sebenarnya tidak perlu dipikirkan lama-lama bisa memicu stres. Lantas, Bagaimana cara menghentikan pikiran negatif yang terus menghantui?

Seperti dilansir dari Psych Central, Susan Noeh Hoeksema, PhD., seorang profesor psikologi di Yale University, mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki depresi, gangguan kecemasan, PTSD, atau pemakai narkoba sering dihantui oleh pikiran-pikiran negatif yang tidak kunjung hilang.

Sejumlah kondisi ini sama-sama memengaruhi fungsi otak untuk mengatur, mengolah, dan merasakan emosi.

Baca juga: Perhatikan, 5 Gejala Fisik Tanda-tanda Depresi

Selain itu, American Psychological Association (APA) menyebutkan ada beberapa alasan mengapa orang bisa terus-menerus memikirkan hal yang sama, yaitu:

  • Yakin bahwa memikirkan suatu hal dapat meningkatkan pengalaman mengenai suatu masalah.
  • Pernah mengalami trauma emosional atau fisik.
  • Menghadapi stres yang tidak dapat dikendalikan.
  • Memiliki kepribadian yang perfeksionis atau neurotisism.

Jika tidak ditangani, kondisi ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Menghabiskan sebagian besar waktu tenggelam dalam pikiran negatif mengganggu kemampuan otak untuk berpikir jernih dan mengolah emosi. Hal ini juga bisa memperparah gangguan mental seseorang.

Buruknya, semakin kondisi bertambah parah, kamu akan menjadi semakin terisolasi.

Bagaimana menghilangkannya?

Begitu terjebak dalam pemikiran negatif, sulit untuk keluar dari kondisi tersebut. Jadi, kamu harus segera cari cara untuk mencegahnya semakin parah.

Berikut langkah-langkah yang bisa membantu menghilangkan pikiran negatif berulang:

1. Alihkan perhatian

Begitu menyadari bahwa kamu mulai merenung, cari suatu hal yang bisa mengalihkan perhatian dan pikiranmu. Caranya, lihatlah sekeliling, jangan terlalu lama untuk memutuskan pilihan apa yang bisa mengalihkan perhatianmu dan jangan biarkan pikiran kosong.

Misalnya dengan mencolek teman sebelah untuk ngobrol, main game di hape, menonton film, menggambar atau mencorat-coret kertas, membaca buku, atau memilih berjalan ke luar ruangan.

Baca juga: Kurangi Depresi dengan Olahraga dan Berkeringat

2. Buat rencana dan segera ambil tindakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com