9 Kebiasaan Tidur yang Menunjukkan Gangguan Kesehatan

Kompas.com - 24/09/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Pola tidur ternyata bisa menunjukkan tanda-tanda penting mengenai kondisi kesehatan secara umum.

Salah satu contoh nyata adalah jika kita sering bangun tidur dengan kondisi lelah, bukannya segar. Kemungkinan besar kita mengalami sleep apnea alias henti napas saat tidur.

Nah, ketahui apa saja kebiasaan tidur yang bisa menjadi gambaran umum kesehatan kita.

1. Sering menekan tombol tunda atau 'snooze' pada alarm : butuh rutinitas tidur

Cobalah memilih waktu di mana kita bisa bangun tidur dengan kondisi segar tanpa harus menekan tombol 'snooze' berulang kali saat alarm berbunyi.

“Ritme sirkadian alami tubuh bisa kita kendalikan dengan melatih tubuh untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari,” kata dokter pengobatan tidur Alex Tauberg.

Bangun tidur dengan waktu yang konsisten, meski akhir pekan. Agar ini berhasil kita perlu tidur lebih awal agar durasi tidur tidak kurang.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Tekan Tombol Snooze saat Alarm Berbunyi

2. Kelelahan saat bangun tidur: perbaiki pola makan

Ada banyak hal penyebab lelah meski kita telah tidur semalaman. Jika mengalami hal ini, Steven R. Olmos, selaku pakar tidur, menyarankan kita untuk melihat kembali apa yang kita makan sebelum tidur.

"Mengonsumsi makanan rendah serat namun tinggi lemak jenuh dan kandungan gula juga akan membuat kita sering terbangun saat tidur, ini mengakibatkan kita kelelahan saat terbangun," paparnya.

Baca juga: Mudah Lelah? Cobalah Santap 8 Makanan Ini...

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X