Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tak Celaka Ketika Memelihara Ular

Kompas.com - 01/10/2018, 08:40 WIB
Ilustrasi ular peliharaan talitha_itIlustrasi ular peliharaan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika berencana memelihara ular. Akan sangat salah jika kamu memperlakukan peliharaan reptilia sama seperti perlakuan terhadap binatang peliharaan mamalia, seperti anjing, kucing, hamster, dan lainnya.

Setidaknya, ada lima hal yang harus kamu perhatikan ketika hendak memelihara ular agar terhindar dari masalah tergigit ular. Pakar Gigitan Ular dan Toksikologi, DR. dr. Tri Maharani, M.Si SP.EM memapakarkan lima hal tersebut.

1. Pelihara di tempat terpisah

Tak sedikit kita melihat para pencinta ular memelihara ularnya di dalam rumah, bahkan di dalam kamar. Hal itu sebenarnya berbahaya, apalagi bila yang dipelihara jenis ular berbisa. Orang yang memelihara ular sebaiknya memiliki ruang khusus bagi hewan tersebut.

“Bahkan kalau di luar negeri, ular kan tidak tinggal di dalam rumah,” ucap Maha ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Beberapa ular bisa dipelihara di akuarium tertutup. Namun ular yang lebih besar biasanya diletakkan di kandang dengan penutup kawat. 

Sebaiknya jauhkan kandang ular dari hewan lain, terutama yang mirip mangsanya. Ular bisa terprovokasi dengan kehadiran hewan-hewan itu dan menjadi agresif.

2. Tidak memegang dengan tangan kosong

Utamakan keselamatan ketika berkontak dengan ular peliharaan. Misalnya, ketika memberi makan.

Jangan pernah memegang atau berkontak dengan ular menggunakan tangan kosong karena walau sudah menjadi peliharaan, insting ular untuk menggigit masih ada. Cobalah menggunakan benda seperti tongkat untuk berinteraksi.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X