Kompas.com - Diperbarui 15/09/2022, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Akhir dari sebuah hubungan asmara kerap kali menyisakan luka. Terlebih bisa ada salah satu pihak yang disakiti, atau terpaksa berpisah di saat masih mencinta.

Pengalaman semacam itu bisa menjadi amat traumatis dan mengundang kesedihan mendalam, hingga menyakitkan batin. 

Para peneliti di Rice University  membuktikan, orang yang dilanda kesedihan akibat kehilangan orang yang dicintai, berisiko menderita peradangan yang berujung pada kematian.

Sebaliknya, mereka yang tak terlalu larut dalam kesedihan saat ditinggal orang terkasih, memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

Pemimpin penelitian Chris Fagundes mengatakan, riset sebelumnya menunjukkan peradangan berkontribusi pada hampir setiap penyakit yang diderita orang yang berusia lanjut.

Baca juga: Cepat Bangkit dari Patah Hati dengan Mengingat Kenangan Pahit

“Dan, kami juga tahu depresi terkait dengan tingkat peradangan yang lebih tinggi."

"Sehingga, mereka yang kehilangan pasangan berisiko tinggi mengalami depresi berat, serangan jantung, stroke, hingga kematian dini," ucapnya.

Namun, ini adalah riset pertama yang mengonfirmasi fenomena tersebut, terlepas dari tingkat gejala depresif yang dapat meningkatkan peradangan.

Pada gilirannya, peradangan tersebut dapat menyebabkan hasil kesehatan yang negatif.

Baca juga: Belajar Pahami Problem Kecemasan dari Kasus Selena Gomez

Dalam riset ini, peneliti menganalisis 99 orang yang baru saja kehilangan pasangan. Para responden ini pun diminta memberikan sampel darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.