Kompas.com - 08/11/2018, 09:33 WIB

KOMPAS.com - Apa pun akan kita dilakukan untuk "menyelamatkan" barang kesayangan, tak terkecuali sneakers yang sudah mulai lapuk dan rusak termakan usia.

Apalagi jika sneakers tersebut tergolong barang langka, atau pun masuk dalam jajaran collectable item.

Nah, saat bertandang ke Kride Lab -customizer sekaligus reparasi sepatu, Kompas.com berkesempatan melihat tahapan pengerjaan reparasi salah satu sneakers collectable -Air Max 90 "Homegrown".

Sneakers hasil kolaborasi Nike dan Patta ini masuk dalam keadaan sol yang hancur akibat pelapukan.

Beruntung, bagian atas dan karet tapak sneakers masih dalam keadaan utuh dan mulus, sehingga sisi originalitas-nya masih tetap terjaga.

Proses reparasi sneakers ini diawali oleh founder Kride Lab Fajri Dimyati dengan membedah sepatu "donor", Air Max 90 seri lain, untuk mengambil bagian sol yang utuh.

Bagian tapak pada sneakers Nike Air Max 90 Homegrown dibersihkan dari sisa-sisa midsole yang telah dilepaskan. KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Bagian tapak pada sneakers Nike Air Max 90 Homegrown dibersihkan dari sisa-sisa midsole yang telah dilepaskan.

Nantinya, bidang midsole itu yang akan "dikawinkan" dengan upperside dan tapak Air Max 90 "Homegrown" yang masih utuh tadi.

Proses pelepasan sol dari badan sepatu pun memerlukan kecermatan dan ketelitian.

Jibow -demikian Fajri biasa disapa, sempat menjelaskan, ada sejumlah alternatif cara yang bisa dilakukan untuk melepas bagian atas sneakers dari sol-nya.

"Bisa mengunakan bahan kimia yang disiramkan ke bagian dalam sepatu. Tapi cara ini butuh ketelitian ekstra," ungkap Jibow.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.