Kompas.com - 25/01/2019, 08:16 WIB
Makanan sehat shironosovMakanan sehat

KOMPAS.com — Sebagian orang menghindari makan malam karena takut berat badannya naik atau sulit tidur.

Padahal, makan malam tidak selalu berbahaya bagi angka timbangan. Kamu hanya perlu menghindari beberapa jenis makanan untuk terhindar dari risiko kenaikan berat badan.

1. Makanan bertepung

Beberapa makanan bertepung, seperti kentang goreng, pasta, dan nasi, adalah contoh sumber karbodhirat yang biasa dikonsumsi untuk makan malam.

Padahal, pelatih kesehatan sekaligus personal trainer untuk HighEnergyGirl Tracee menganjurkan agar makanan tersebut dihindari saat makan malam sebab dengan mudah diubah menjadi gula sehingga meningkatkan gula darah dan insulin.

"Ini tidak baik karena tidak ada pembakaran energi melainkan akan disimpan sebagai lemak. Aku menganjurkan klien untuk memilih makan sayuran atau protein," tuturnya.

2. Makanan pedas

Karen Z. Berg, MS, RD, menjelaskan, makanan-makanan pedas bisa menyebabkan panas di bagian dada, terutama jika kita berbaring beberapa saat setelah mengonsumsinya.

Baca juga: Tak Perlu Jeda 2 Jam antara Makan Malam dan Waktu Tidur

3. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana baik untuk dikonsumsi tubuh pada waktu-waktu tertentu, namun tidak untuk makan malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X