Pakai Kaus Kaki Bikin Tidur Lebih Nyenyak, Apa Alasannya?

Kompas.com - 28/01/2019, 07:58 WIB
Ilustrasi kaos kakishutterstock Ilustrasi kaos kaki

KOMPAS.com — Tidur sangatlah penting untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh yang telah bekerja seharian penuh sehingga kita akan segar kembali keesokan harinya.

Namun, sayang tidak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, entah karena stres atau karena kondisi kamar tidur yang tidak nyaman.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, umumnya kita bisa membuat kamar tidur kita menjadi sejuk, gelap, dan tenang. Selain itu, salah satu cara lain adalah menggunakan kaus kaki ketika tidur.

Menurut National Sleep Foundation, menjaga kaki tetap hangat ketika tidur akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Ketika kaki kita kedinginan, pembuluh darah akan mengerut dan menyebabkan semakin sedikit aliran darah yang tersirkulasi. Kondisi tersebut membuat tidur kita di malam hari menjadi kurang nyenyak.

Baca juga: Tips Bikin Kamar Tidur Nyaman

Suhu tubuh rata-rata orang adalah 98,6 derajat Fahrenheit atau 37 derajat Celsius. Namun, suhu tubuh tersebut bisa berubah-ubah dalam sehari.

Suhu tubuh seseorang dipengaruhi oleh ritme sirkadian yang membantu menjaga pola tidur dari tidur di malam hari hingga bangun di pagi hari.

Di siang hari, suhu tubuh perlahan meningkat dan mencapai puncaknya di sore hari ketika orang-orang terjaga.

Selama waktu tidur di malam hari, suhu tubuh menurun dan mengakibatkan munculnya rasa kantuk.

Ketika kita tertidur, suhu tubuh akan turun 1 atau 2 derajat. Kondisi tersebut merupakan sinyal bahwa tubuh mulai menghemat energi untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh.

Ketika kita tidur menggunakan kaus kaki, suhu tubuh kita akan cenderung lebih stabil.

Baca juga: 5 Trik Ciptakan Kamar Tidur Nyaman

Namun, alasan pentingnya menggunakan kaus kaki saat tidur ternyata tidak hanya itu. Ada beberapa manfaat lainnya yang juga bisa kita dapatkan.


Page:

Close Ads X