Kompas.com - 04/02/2019, 15:21 WIB

KOMPAS.com – Desalia (34) mengeluh. Warga Kiaracondong Bandung ini sudah setahun ini mengikuti gym dan berbagai kelas, namun berat badan sulit turun.

“Tiap hari, saya ambil kelas (senam) dan nge-gym. Tapi berat badan kok ya segitu-gitu aja. Pernah turun dua kilogram, naik lagi,” ujar Desalia, belum lama ini.

Salah satu instruktur di pusat kebugaran Celebrity Fitness Aji Mukti Wibowo mencoba menjawab masalah ini.

Menurut dia, olahraga sekuat apapun tanpa diet, akan sulit kurus. Sebab, olahraga hanya berkontribusi 30 persen pada penurunan berat badan.

“70 persennya dari pola makan. Jadi percuma juga jungkir balik setiap hari 10 kelas, kalau makanannya gorengan, batagor, siomay, cilok, seblak,” tutur Aji.

Orang Indonesia, lebih banyak mengonsumsi karbohidrat dibanding nutrisi yang diperoleh dari protein, vitamin, kalsium, serat, dan lainnya.

Baca juga: Apakah Sarapan Benar-Benar Membantu Menurunkan Berat Badan?

“Padahal, setelah olahraga, badan kita butuh asupan makanan yang baik. Kebanyakan orang olahraga sakit karena tidak seimbang antara makan, olahraga, dan istirahat,” imbuhnya.

Ganti karbo

Untuk itu, ia menyarankan mengganti sebagian karbohidrat yang dikonsumsi dengan protein, sayur, ataupun buah-buahan.

Ia mencontohkan kerap makan hanya setengah porsi nasi. Untuk menggantinya, ia menambah porsi ayam, sayur, dan buah-buahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.