Kompas.com - 14/02/2019, 08:02 WIB
Ilustrasi pasangan belum move on ZinkevychIlustrasi pasangan belum move on

KOMPAS.com - Walau tanggal 14 Februari diperingati sebagai Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang, namun ternyata ini adalah juga hari di mana banyak pasangan memutuskan untuk bercerai.

Hal itu setidaknya terjadi tahun lalu, menurut riset yang dilakukan perusahaan teknologi keuangan Paymentsense, yang mencatat ada ribuan orang mendaftarkan perceraian.

Meski tak ada kaitannya dengan momen romantis, menurut data, para pengacara dan penyedia jasa layanan hukum mengalami peningkatan bisnis terbesar pada 14 Februari 2018 lalu. 

Peningkatan angka sebesar 549 persen dibanding hari biasa di sektor hukum ini membuat orang bertanya-tanya apakah peristiwa tersebut kebetulan atau ada hubungannya dengan Valentine.

Di bidang lain, bisnis yang mengalami peningkatan adalah toko bunga, dengan peningkatan volume penjualan sebanyak lima kali dari rata-rata penjualan tahunan pada tanggal 13 Februari 2018.

Hari Valentine menjadi momen penting kedua bagi para pemilik toko bunga untuk meraih untung besar setelah hari ibu, yang menyebabkan peningkatan penjualan sebesar 765 persen di tahun 2018.

Baca juga: Inikah 10 Wilayah di Indonesia dengan Penduduk Paling Romantis?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa yang dilakukan pada kencan Valentine? Pasangan yang melewati momen Valentine di bioskop meningkat sebesar 154 persen, arena hiburan sebesar 138 persen, tempat wisata dan pameran sebesar 122 persen.

Guy Moreve dari Paymentsense mengatakan, fakta bahwa firma hukum mencapai persentase pertumbuhan tinggi di hari Valentine 2018 adalah hal yang mengejutkan.

Bahkan, peningkatan penjualan jasa firma hukum melebihi angka penjualan bunga.

"Kami akan mengawasi dengan cermat selama beberapa hari ke depan untuk melihat apakah tren ini berulang," ucapnya.

Menurutnya, temuan ini juga menggarisbawahi bagaimana peristiwa tertentu dapat memicu pengeluaran konsumen di area yang tidak terduga.

Meski sebuah perusahaan tak berkaitan langsung dengan perayaan Valentine atau acara tertentu, Menurut Moreve, para pemilik bisnis masih dapat mengambil kesempatan ini untuk meningkatkan angka penjualan.

Entah bagaimana perayaan valentine di tahun ini, bisa jadi hal yang sama kembali atau justru sebaliknya? 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.