Kompas.com - 18/02/2019, 08:44 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Penggunaan pil KB atau kontrasepsi memang memiliki efek samping, namun pada umumnya sifatnya ringan.

Beberapa efek samping yang mungkin dialami antara lain perubahan suasana hati, mual, sakit kepala dan nyeri di payudara.

Riset baru menambah daftar efek samping. Disebutkan konsumsi pil KB dapat menghambat kemampuan wanita membaca emosi orang lain dari ekspresi wajah.

Penelitian ini dilakukan peneliti dari University of Greifswald, Jerman. Riset dilakukan dengan meneliti 95 wanita berusia antara 18 hingga 35 tahun.

Meski dilakukan dengan peserta riset berjumlah relatif kecil, peneliti yakin temuan ini bermanfaat untuk pedoman pemakaian pil kontrasepsi di masa depan.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Alat Kontrasepsi, Sempat Dianggap Tabu

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebanyak 42 peserta riset mengonsumsi pil KB dan sisanya tak mengonsumsinya.

Peneliti memperlihatkan 37 gambar hitam putih yang menunjukan area sekitar mata di wajah manusia.

Gambar yang ditunjukan kepada peserta dalam riset dibagi menjadi empat label, yang masing-masing menggambarkan ekspresi emosi kompleks yang berbeda seperti "kebanggaan" atau "penghinaan".

Tiga ekspresi ditunjuk sebagai "pengacau", sementara yang lain adalah "target".

Wanita dalam riset juga diminta memilih ekspresi mana yang menurut mereka yang paling tepat menjelaskan gambar dengan menekan tombol yang sesuai secepat mungkin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X