Banyak Main Ponsel Bisa Menyebabkan Kegemukan, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 28/02/2019, 11:05 WIB
Ilustrasi makan sambil main ponselshutterstock Ilustrasi makan sambil main ponsel

KOMPAS.com - Saat ini, ponsel menjadi barang yang dimiliki hampir semua orang. Melihat orang-orang beraktivitas sambil memandang layar ponsel pun sudah tidak menjadi hal aneh.

Namun, jika kamu ingin menurunkan bert badan, disarankan untuk mengurangi penggunaan ponsel.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Physiology and Behavior menemukan, orang-orang yang makan sambil menatap layar ponsel cenderung mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada mereka yang fokus pada makanannya.

Sebanyak 62 orang sukarelawan berusia 18-28 tahun menjadi partisipan dalam studi tersebut. Mereka disuguhkan berbagai jenis makanan, mulai dari buah-buahan hingga makanan tidak sehat seperti makanan tinggi gula dan soda.

Hasilnya, mereka yang makan sambil bermain ponsel mengkonsumsi rata-rata 535 kalori lebih banyak daripada yang tidak.

Mereka juga mengkonsumsi 10 persen makanan berlemak lebih banyak daripada mereka yang makan tidak sambil bermain ponsel.

Peneliti dari Federal University of Lavras, Márcio Gilberto Zangeronimo, menjelaskan bahwa tablet dan ponsel pintar menjadi pengganggu makan paling utama, bahkan pada anak-anak.

"Penting untuk memerhatikan berapa besar pengaruhnya terhadap pilihan makanan," ujarnya.

"Gangguan tersebut mencegah otak secara tepat memahami makanan yang dicerna."

Namun, sebuah studi pada Januari 2018 menemukan bahwa hanya sepertiga masyarakat Amerika yang tidak bisa makan tanpa ponsel mereka.

Bagaimana denganmu, apakah bisa makan tanpa fokus pada ponselmu?



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X