Ibu Menyusui Wajib Perhatikan Asupan Nutrisi

Kompas.com - 24/03/2019, 11:32 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan merupakan fondasi penting bagi kesehatan bayi. Untuk itu ibu menyusui wajib memperhatikan asupan nutrisinya agar bisa memberikan ASI berkualitas.

Secara alami ASI memang sudah mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi, tetapi kuantitas konsentrasinya sangat dipengaruhi oleh pola makan ibu.

Sekretaris Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia, Dr.Sandra Fikawati, MPH, atau Fika, mengatakan kampanye nutrisi untuk ibu menyusui selama ini masih sangat kurang.

“Selama ini hanya digaungkan bayi harus mendapat ASI eksklusif, tetapi ibunya tidak pernah diberi tahu harus makan seperti apa. Bisa jadi ibunya kurang gizi tapi masih terus menyusui,” kata Fika.

ASI yang kurang berkualitas, lanjut Fika, juga bisa menyebabkan kebutuhan nutrisi bayi tidak terpenuhi.

ASI Tidak Keluar, Ibu Menyusui Butuh Dukungan, Bukan Tekanan

Menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan UI, Ir.Ahmad Syafiq, PhD, cukup banyak kasus ibu menyusui yang kekurangan cadangan lemak.

“Kurangnya konsumsi energi ibu menyusui, ibu kelelahan, atau produksi ASI tidak terstimulasi, bisa menyebabkan produksi ASI berkurang, bahkan berhenti,” katanya.

Ilustrasi makanan sumber proteinshutterstock Ilustrasi makanan sumber protein

Makanan tambahan

Ide dari debat calon wakil presiden ketiga tentang pemberian sembako pada ibu hamil, menurut Syafiq, bisa dilanjutkan sampai ibu menyusui.

“Cawapres 01 mengusulkan pemberian sembako pada ibu hamil untuk mencegah stunting. Itu bagus, tapi tidak cukup pada ibu hamil karena perlu dilakukan sampai ibu selesai menyusui bayi 6 bulan,” katanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X