Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2018, 11:36 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Walau harganya relatif murah, namun kandungan nutrisi di dalamnya sangat penting, misalnya saja vitamin A,D,B12, dan kolin.

Kolin adalah nutrisi esensial yang penting untuk kemampuan memori, mood, dan juga kontrol otot. Selama kehamilan, asupan kolin sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.

Dua buah telur berukuran besar mengandung lebih dari 50 persen asupan kolin yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Kandungan nutrisi penting lain adalah vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA. Vitamin ini hanya ditemukan dalam produk hewani, karena itu jika Anda vegetarian, makan telur bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12.

Ada banyak manfaat kesehatan dari konsumsi telur, antara lain membuat perut kenyang lebih lama, menjaga kesehatan mata berkat kandungan lutein dan zeaxanthin, dan juga menyehatkan tulang.

Tak perlu mencemaskan kadar kolesterol dalam telur. Penelitian terbaru menyimpulkan, mengonsumsi makanan sumber kolesterol tidak otomatis akan menjadi kolesterol. Dengan kata lain, makan dalam jumlah sedang dianjurkan.

Penelitian juga menunjukkan, konsumsi lemak trans dan lemak jenuh justru akan meningkatkan kadar kolesterol.

Jadi, tak perlu menyingkirkan kuning telur karena bagian ini mengandung nutrisi penting, termasuk 40 persen protein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com