Kompas.com - 28/03/2019, 15:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang pernah merasakan kedutan atau berdenyutnya urat-urat pada kelopak mata. Salah satunya ketika terlalu lama menatap layar komputer, laptop atau ponsel.

Meski seringkali tak terlalu mengganggu, tak sedikit orang yang belum mengetahui penyebabnya.

Dokter spesialis saraf, Dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) menjelaskan, pada bagian kelopak mata terdapat otot mata.

Aktivitas menatap layar yang terlalu lama membuat mata lama-kelamaan menjadi lelah. Sebab, otot mata terus menegang ketika mata menatap layar dalam waktu lama. Sampai pada satu titik terjadi penumpukan asam laktat yang membuat otot lelah.

"Akhirnya dia bergerak sendiri, karena itu mekanisme untuk membuang asam laktat karena kelelahan," kata Manfaluthy dalam sebuah acara diskusi media di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/3/2019).

Hal paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan mengistirahatkan mata secara berkala. Jika perlu, pijat area sekitar mata dengan lembut.

Baca juga: Cegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Dengan Teknik 20-20-20

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika melakukan pijat spa, bagian mata juga seringkali ditutupi dengan potongan mentimun. Ternyata ini memang bermanfaat bagi mata yang lelah.

Ini karena mentimun memberikan sensasi dingin serta melepaskan zat yang membantu pori-pori terbuka. Sehingga sirkulasi darah pun kembali lancar.

Selain itu, kita juga bisa pergi ke luar ruangan dan melihat hal-hal hijau, seperti taman dan pepohonan saat jeda bekerja. Aktivitas ini dinilai mampu membuat kita rileks.

"Lalu, dianjurkan saat bekerja, setiap 30 menit melihat ke arah yang jauh, lalu beraktivitas seperti semula. Lakukan selama sekitar dua menit," kata dokter yang juga berpraktik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta itu.

Baca juga: Awas, Cermati Risiko Memberi Gawai pada Anak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.