Kompas.com - 01/04/2019, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Sebelum sesi olahraga dimulai, banyak orang mengonsumsi makanan atau minuman yang mereka percaya mampu menyuntikkan energi.

Salah satu yang paling sering dipilih adalah susu protein. Namun, tak jarang pula orang yang memilih mengonsumsi kopi hitam.

Lalu, mana yang sebetulnya lebih baik dari kedua pilihan tersebut?

Menurut Ketua Umum Asosiasi Nutritionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, keduanya sebetulnya sama-sama baik.

Baca juga: Minum Kopi Saat Stres, Meredakan atau Justru Bikin Makin Stres?

"Bagus (olahraga) dengan mengonsumsi sumber itu. Tapi, konsumsilah satu jam sebelumnya, dengan kopi kalau mau minum kopi."

"Tapi kalau enggak bisa minum kopi, minum susu saja oke," kata Mury ketika ditemui di kawasan Kuningan beberapa waktu lalu.

Ketua Umum Asosiasi Nutritionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, S.Pd, M.Si pada konferensi pers L-Men of The Year 2019 di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2019). KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Ketua Umum Asosiasi Nutritionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, S.Pd, M.Si pada konferensi pers L-Men of The Year 2019 di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2019).

Kedua minuman tersebut memiliki beberapa zat gizi yang sama, namun dengan komposisi yang berbeda.

Susu memiliki kandungan karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral yang tinggi.

Sementara, kopi lebih banyak mengandung kafein, elkarnitin, asam amino, dan lainnya.

"Jadi melengkapi saja. Tapi kalau dibandingkan, berbeda. Satu sebagai sumber energi dan recovery, satu lagi menstimulasi energi yaitu kopi," ucap dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.