Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2019, 12:13 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih alas kaki yang baik memang harus mempertimbangkan kenyamanan, selain juga modelnya. Apalagi, sepatu atau sandal yang dipakai setiap hari berpengaruh pada postur tubuh kita.

Kepada Kompas.com, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Deta Tanuwidjaja, mengungkapkan, salah satu efek negatif dari salah memilih alas kaki adalah memengaruhi struktur tubuh bagian atas, seperti sendi. 

"Jaringan ikat sendi akan kena beban, dan jika lama kelamaan kena beban, maka sendi akan terkikis, yang lama kelamaan akan radang sendi. Namun (terjadi) dalam jangka waktu lama," kata Deta dalam acara yang diadakan oleh Crocs, di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Deta, pilihlah sepatu yang mampu meredam gaya balik atau beban balik ke tubuh pada bagian mid sole.

"Kalau di dunia kedokteran ada namanya bounce back atau energy return, kalau (sepatu) dia makin enggak bisa meredam, atau keras, maka dia enggak bagus," kata Deta.

"Nah kalau sepatu terlalu lembut, sehingga enggak kasih dorongan balik juga enggak bagus. Yang bagus adalah kalau kita injak dia lembut, tapi juga kasih dorongan balik yang mendukung."

Untuk bagian atas alas kaki tergantung kebutuhan. Jika perlu untuk aktivitas yang butuh banyak gerak, maka pilih yang tingginya di bawah mata kaki.

Sebaliknya, jika mau melindungi sendi mata kaki, bukan mengharapkan kelincahan aktivitas, maka ambil yang agak tinggi--melewati mata kaki. 

"Saya saranin, makin ringan aktivitas, maka makin boleh pilih bagian atas terbuka atau tanpa tali," katanya.

"Tapi kalau aktivitas makin berat, maka baiknya bagian atas tertutup dan cengkraman bisa disesuaikan--pilih yang pakai tali atau strap."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com