Rambut Wajah Pria Lebih Kotor dari Bulu Anjing?

Kompas.com - 18/04/2019, 09:52 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

 

KOMPAS.com - Bagi pria, memiliki jenggot atau rambut di wajah dapat menunjang rasa percaya diri sekaligus menonjolkan sisi maskulin.

Sayangnya, hasil riset terbaru membawa kabar buruk bagi para pria dengan rambut di wajah.

Riset yang dilakukan oleh Profesor Gutzeit dari Klinik Hirslanden, Swiss, menemukan jenggot membawa lebih banyak kuman daripada bulu anjing. 

Menurutnya, jumlah bakteri secara signifikan lebih tinggi dalam spesimen yang diambil dari rambut wajah pria daripada bulu anjing.

Riset awalnya bertujuan untuk menentukan apakah penyakit yang ditularkan anjing juga dapat ditularkan oleh manusia melalui pemindai MRI yang digunakan oleh dokter hewan dalam pemeriksaan.

Penguji menganalisis sampel dari 18 jenggot pria dan 30 leher anjing, serta membandingkan hasil keduanya.

Sampel diambil dengan "swab" atau semacam kain yang diusapkan ke area rambut wajah dan leher anjing subjek penelitian.

Kelompok fokus riset terdiri dari pria berjanggut berusia antara 18 hingga 76 tahun, dan didapati semuanya memiliki mikroba tinggi di rambut wajah mereka.

Baca juga: Ingin Jenggot Seperti Jason Momoa? Simak Tips Berikut

Hasil ini sangat kotras dengan anjing yang diuji, dimana 23 dari 30 anjing memiliki jumlah mikroba tinggi dan sisanya hanya mengandung mikroba dalam jumlah sedang,

Kabar buruknya lagi, peneliti juga menemukan separuh rambut wajah pria mengandung serangga yang dapat memengaruhi kesehatan manusia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X