Ilmuwan Klaim Melatih Daya Otot Tingkatkan Harapan Hidup

Kompas.com - 18/04/2019, 11:55 WIB
ilustrasi latihan beban shutterstockilustrasi latihan beban

 

KOMPAS.com - Banyak orang berusaha membentuk otot agar tubuh terlihat lebih indah atau sekadar menambah kekuatan.

Namun, sebagian besar orang tak pernah berpikir untuk membentuk otot demi menambah harapan hidupnya.

Padahal, profesor Caludio Gil Araujo, direktur penelitian dan pendidikan di Latihan kedokteran klinik Brazil, CLINIMEX, mengklaim kekuatan otot adalah rahasia untuk memperpanjang hidup kita.

Araujo menyarankan kita untuk melakukan latihan yang lebih berfokus pada daya otot daripada latihan menahan beban yang sebagian besar berfokus pada kekuatan otot.

"Studi kami menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa orang dengan kekuatan otot cenderung hidup lebih lama," ucapnya dalam kongres Perhimpunan Kardiologi Eropa.

Lalu, apa yang dimaksud daya otot oleh Profesor Araujo?

Daya otot didefinisikan sebagai kemampuan tubuh untuk menghasilkan kekuatan dan kecepatan dalam gerakan terkoordinasi - yaitu ukuran pekerjaan yang dilakukan per unit waktu.

Akan ada lebih banyak daya yang dihasilkan ketika jumlah pekerjaan yang sama dilakukan dalam waktu yang lebih singkat, atau ketika lebih banyak pekerjaan dilakukan dalam jumlah waktu yang sama.

Intinya, untuk melatih daya otot, kita memerlukan latihan dengan gerakan lebih cepat. Saat mengangkat beban misalnya, daya otot akan terlatih bila kita melakukannya lebih cepat, sedangkan kekuatan otot terbentuk bila kita melakukannya lebih lambat dengan beban lebih berat.

Menurut Araujo, latihan untuk meningkatkan daya otot dilakukan dengan mencari kombinasi terbaik antara kecepatan dan berat yang diangkat atau dipindahkan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber DMarge
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X