Zat Gizi Mikro yang Bikin Kulit Cantik

Kompas.com - 26/06/2019, 13:00 WIB
Ahli gizi Rachel Olsen dalam acara peluncuran Youvit Beauty+ di Jakarta (25/6/2019). Nishya GavrilaAhli gizi Rachel Olsen dalam acara peluncuran Youvit Beauty+ di Jakarta (25/6/2019).

KOMPAS.com – Selain perawatan memakai krim kulit, ternyata pola makan dan faktor lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan kulit.

Pola makan yang buruk, polusi, dan juga gaya hidup tidak sehat lain akan membuat kulit terlihat kusam dan juga penuaan lebih cepat muncul.

Ahli nutrisi Rachel Olsen memaparkan, selain vitamin C dan vitamin E, untuk mencegah penuaan dini, wajah berjerawat dan kusam kita perlu asupan seperti kolagen, keratin, vitamin E dan B7.

“Kolagen dan keratin berbeda. Kalau kolagen ada di dermis luar kulit sedangkan keratin ada di epidermis kulit seperti di kuku, luaran rambut, dan lapisan kulit itu lebih banyak keratin” katanya dalam acara peluncuran suplemen vitamin YOUVIT Beauty+ di Jakarta, (25/6/2019).

Makanan yang bisa menjadi sumber kolagen dan keratin antara lain kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, almond, tempe, ikan dan tofu.

Zat gizi mikro lainnya yang juga dibutuhkan kulit adalah kolin dan inositol yang dapat membantu pembentukan sel kulit baru dan melindungi sel kulit.

“Kekurangan zat ini akan membuat kulit kasar, kering, dan juga rambut rontok,” ujarnya.

Baca juga: 7 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Mengatasinya

Walau bisa diproduksi oleh tubuh, namun kolin dan inositol juga bisa dipenuhi dari konsumsi suplemen vitamin atau makanan seperti kedelai, kembang kol, kacang-kacangan dan beberapa jenis buah.

Dalam suplemen Youvit terbaru, menurut Rachel juga dilengkapi oleh zat-zat gizi yang dibutuhkan khusus untuk kesehatan kulit.

Selain dari asupan makanan dan vitamin, ia juga mengingatkan pentingnya menghindari asap rokok untuk mencegah kulit kusam. (Nishya Gavrila)

 

 

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X