Kompas.com - 01/07/2019, 18:32 WIB
Ilustrasi balita ThinkstockIlustrasi balita

KOMPAS.com - Setelah ulang tahun keduanya, Anda mungkin akan mulai merasakan perubahan pada anak Anda yang manis. Tiba-tiba ia akan mulai sering berteriak, menangis karena marah, menendang, hingga bertengkar dengan kakaknya.

Fase ini dikenal dengan istilah "terrible two". Sebenarnya, apa yang dilakukan anak-anak di usia itu untuk mengekspresikan keinginannya akan kebebasan dan mengendalikan situasi.

Menurut National Institute for Health and Clinical Excellence, kemarahan, agresi, dan sikap membangkang adalah perilaku yang sangat normal pada fase terrible two, yang mengkhawatirkan adalah jika sikap itu bertahan hingga usia sekolah. Karena itu, orangtua perlu menghadapinya dengan cara yang tepat.

Masa-masa ini tentu akan berlalu. Salah satu hal yang bisa dilakukan di masa ini adalah, mulai mengajarkan anak untuk mengatakan, "Permisi, ini giliranku" atau "Maaf, bolehkah aku meminjamnya?".

Intinya adalah membiasakan mereka untuk menyampaikan keinginannya dengan kata-kata bukan dengan aksi pukulan.

Baca juga: Balita Terobsesi Ingin Jadi Princess Wajarkah?

Saat menghadapi fase terrible two, sebagai orangtua Anda harus sabar tapi juga tegas. Ketika anak-anak tantrum karena ada keinginannya yang tak kesampaian, ada baiknya Anda tetap tenang, tak terbawa emosi, dan konsisten.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 4 tips menghadapi fase terrible two:

1. Seburuk apapun kemarahannya, Anda harus tetap tenang. Ambil napas dalam-dalam, tinggalkan si kecil sementara waktu, dan kembali saat Anda merasa bisa menghadapinya dengan tenang.

2. Anda juga bisa membantu si kecil mengenali emosi yang ia rasakan dan memberinya waktu untuk menenangkan diri.

"Adik kenapa menangis? Adik marah karena tidak boleh nonton handphone ya? Sekarang kan sudah waktunya mandi. Bunda tunggu sampai adik selesai menangis ya. Kalau sudah tenang, baru kita mandi."

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.