Kulit Ketiak Bruntusan dan Menghitam, Bisa Jadi Tanda Kulit Sensitif

Kompas.com - 11/07/2019, 20:14 WIB
Dr. Melyawati Hermawan, SpKK pada acara media gathering Dove Sensitive Deodorant di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).  KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Dr. Melyawati Hermawan, SpKK pada acara media gathering Dove Sensitive Deodorant di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah pada kulit ketiak bia terjadi pada siapa saja, namun tak sedikit orang yang masih menganggapnya sebagai topik sensitif, sehingga memilih menyimpan masalah itu sendirin.

Beberapa masalah yang umum dialami, misalnya rasa gatal pada kulit ketiak, timbul bintil-bintil seperti beruntusan, hingga warna kulit ketiak yang menghitam.

Jika kamu mengalaminya, jangan dibiarkan, karena tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa kulit ketiak kamu sensitif.

Bahkan, dr. Melyawati Hermawan, SpKK mengatakan, kulit ketiak yang menghitam bisa jadi merupakan tanda iritasi kronis.

"Tandanya bisa macam-macam. Tidak hanya merah, gatal, bisa jadi gejala terakumulasi jadinya (kulit) gelap. Beruntus gatal itu juga bisa tanda iritasi."

Baca juga: Benarkah Deodoran dapat Membuat Ketiak Hitam?

Hal itu diungkapkan Melyawati pada media gathering Dove Sensitive Deodorant di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Mely menjelaskan, kondisi kulit yang sensitif lebih mudah dimasuki zat iritan daripada kulit pada umumnya. Ketika banyak zat iritan yang masuk, kondisi kulit akan lebih mudah meradang.

Itulah mengapa, selain gejala-gejala yang telah disebutkan, beberapa tanda kulit ketiak sensitif atau iritasi adalah mengalami rasa panas dan kulit memerah.

Orang-orang yang memiliki kondisi kulit sensitif, cenderung memiliki risiko kulit ketiak sensitif yang lebih tinggi.

Namun, bukan berarti kamu yang tak memiliki kondisi kulit sensitif tidak akan mengalaminya.

Baca juga: Cara Terbaik Memilih Deodoran Berbahan Alami

"Daerah ketiak unik, karena lebih tipis dan lebih sering tergesek daripada area kulit lain. Jadi sekalipun kulit tidak terlalu sensitif, bisa saja kulit ketiaknya iritasi ketika terkena deodoran," ujarnya.

Oleh karena itu, orang-orang dengan kulit ketiak sensitif harus lebih cermat membaca kandungan deodoran yang akan digunakan. Perhatikan tips berikut untuk menghentikan iritasi kulit ketiakmu.


1. Hindari parfum

Menurut Mely, bahan yang paling sering menyebabkan iritasi adalah parfum. Sehingga, hindari deodoran dengan kandungan parfum bagi pemilik kulit sensitif.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X