Tips Hindari Kanker Prostat, Sering Bercinta dan Stop Suplemen Vitamin E

Kompas.com - 20/07/2019, 16:02 WIB
Ilustrasi kanker prostat.Thinkstock Ilustrasi kanker prostat.

KOMPAS.com- Sastrawan dan wartawan senior Arswendo Atmowiloto meninggal dunia pada Jumat (19/7/2019) setelah berjuang melawan kanker prostat.

Berdasarkan laporan World Cancer Reasearch Journal, penyakit ini menempati urutan ke-6 sebagai penyebab kematian pria terbanyak.

Kanker jenis ini biasanya tumbuh lambat, maka tak heran jika gejala kanker ini baru dirasakan saat telah memasuki stadium lanjut.

Belajar dari kasus Arswendo Atmowiloto ini, kita perlu melakukan berbagai cara pencegahan, mengingat efek kanker prostat yang sangat mengancam kesehatan dan kelangsungan hidup kita. Melansir Hello Sehat, berikut tujuh cara mencegah kanker prostat:

Baca juga: Belajar dari Arswendo, Ini Tanda Kanker Prostat yang Harus Diwaspadai

1. Kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu

Penelitian menunjukkan pria yang mengonsumsi makanan tinggi lemak hewani seperti susu, keju, dan daging merah memiliki risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Dr. David Wise dari Perlmutter Cancer Centre di NYU Langone, Amerika Serikat menyarankan agar kita mengonsumsi lemak sehat yaitu lemak yang berasal dari alpukat dan kacang-kacangan.

2. Hindari gaya hidup merokok

Merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Penelitian sebelumnya menyebutkan perokok berisiko sekitar 24 hingga 30 persen lebih besar untuk mengalami kanker prostat.

Merokok bisa menyebabkan seseorang terkena kanker prostat agresif, yaitu jenis kanker yang penyebarannya lebih cepat.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X