Tips Praktis Membuat Latte di Rumah

Kompas.com - 27/07/2019, 18:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Latte menjadi salah satu jenis kopi yang banyak dipesan warga ketika berkunjung ke kedai kopi.

Yang memesan latte biasanya adalah mereka yang tidak meminum kopi hitam, atau yang memang hanya sekadar ingin mencicipinya.

Nah, tak jarang ada yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah. Namun, niat itu terkendala peralatan.

Padahal, bicara soal kepraktisan, kita sebetulnya bisa memanfaatkan peralatan sederhana untuk membuat latte di rumah.

Memang, hasilnya mungkin tidak akan sesempurna jika membeli di kedai kopi, tapi setidaknya kita bisa menjadikannya sebagai teman bersantai.

Baca juga: Penyebab Rasa Hangus Pada Latte atau Cappuccino

Bahan dan alat yang harus disiapkan adalah biji kopi, susu, dan french press.

Training Officer at PT. Excelso Multirasa, Iwan Kurniansyah menjelaskan, jenis kopi yang digunakan para barista untuk membuat base latte adalah campuran arabika dan robusta yang digiling medium to dark.

Kopi harus berbentuk espresso terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan susu.

Namun, untuk pembuatan latte di rumah kita bisa menggunakan kopi arabika. Hanya perlu menyeduh kopi sederhana tanpa menggunakan mesin.

"Kalau mau bikin kopi yang mirip dengan latte bisa pakai arabika. Karena latte kan tidak boleh pahit jadi bisa pakai arabika. Arabika apa pun."

Begitu kata Iwan ketika ditemui di booth Excelso, Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019, JIExpo Kemayoran, Jakarta, beberapa lalu.

Baca juga: Pilihan Kopi Latte dengan Asupan Gula Rendah

Tahap berikutnya adalah memanaskan susu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X