Tabir Surya atau Kosmetik Mengandung SPF, Mana Lebih Efektif?

Kompas.com - 29/07/2019, 07:25 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya JupiterimagesIlustrasi menggunakan tabir surya
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar matahari memberikan efek positif kepada kulit, salah satunya adalah sumber Vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berlebihan juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit seperti kulit terbakar, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Negara tropis seperti Indonesia memiliki indeks ultraviolet yang sangat tinggi. Sehingga idealnya setiap orang menggunakan tabir surya saat beraktivitas.

Seiring berkembangnya teknologi, kini beberapa jenis kosmetik juga memiliki kandungan Sun Protection Factor (SPF) di dalamnya.

Lalu, apakah produk-produk kosmetik yang mengandung SPF sudah cukup untuk menggantikan tabir surya? Jawabannya adalah tidak.

"Sebenarnya tidak bisa karena sunscreen punya bahan aktif," kata Dr. Nana Novia, Sp.KK di Senayan City, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Apakah Krim Pelindung Matahari Bisa Menggantikan Tabir Surya?

Nana menjelaskan, ada dua jenis tabir surya, yaitu physical sunscreen dan chemical atau mineral sunscreen. Keduanya sama-sama memiliki kandungan bahan aktif.

Physical sunscreen mengandung Zinc oxide atau Titanium dioxide, sementara kandungan bahan aktif chemical sunscreen salah satunya adalah Avobenzone yang bisa menyerap sinar ultraviolet dan mentransmisikannya ke dalam bentuk tameng (shield).

"Kalau dengan moisturizer (dan produk kosmetik mengandung SPF) kita tidak bisa pakai shield ini, hanya sebatas pelembap hanya bisa memblok," ucapnya.

Selain itu, angka SPF seperti yang tercantum pada produk (misalnya, SPF 30, 50, dan lainnya) baru akan memberikan perlindungan maksimal jika produk teraplikasikan sempurna ke kulit. Sedangkan produk kosmetik belum tentu menempel secara maksimal ke kulit.

"Sekarang sudah banyak makeup mengandung SPF tapi dia gampang terhapus oleh minyak jadi harus retouch atau dipakai ulang. Alangkah baiknya pakai yang langsung ke kulit," tuturnya.

Baca juga: Suka Aktivitas Luar Ruang? Perhatikan 7 Cara Penggunaan Tabir Surya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X