Kompas.com - 08/08/2019, 09:14 WIB
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbelanja online melalui handphone bukanlah barang baru. Bahkan kebiasaan ini makin banyak diadopsi karena memudahkan kita membeli barang dalam waktu singkat.

Meski begitu, berbelanja online juga memiliki kekurangan, misalnya kita tidak bisa mencoba ukuran busana atau sepatu yang akan kita beli, atau tidak bisa melihat dan meraba bahannya secara langsung, bahkan tertipu.

Kekurangan itu membuat kita bisa keliru saat berbelanja online. Agar tidak terjadi, berikut tips belanja online aman menggunakan handphone:

1. Belanja dari sumber-sumber terpercaya

Pastikan pilih online shop yang terpercaya, setelah itu cek kembali penjual atau online store nya. Kita bisa melakukannya dengan melihat review atau testimoni dari pelanggan.

“Belanja yang tidak langsung dari e-commerce nya, itu menurut saya agak beresiko, kalau bisa jangan belanja dari sumber-sumber yang tidak terpercaya, ” ucap Stefanie Herlie, Senior Vice President Payment Traveloka dalam acara kerjasama iLOTTE x Traveloka #NgeMallDariHapeBarengTraveloka di Jakarta Selatan.

2. Jaga identitas diri

Penipuan di saat berbelanja online kadang terjadi, namun seringkali hal itu terjadi disebabkan oleh pengguna yang lalai dalam memberikan kata sandi atau kode-kode tertentu terhadap orang yang tidak dikenal.

Sebagai pembeli, jangan dengan mudah memberikan kata sandi atau kode-kode tertentu saat sebelum atau sesudah melakukan pembayaran.

“Misalnya untuk berbelanja di website kalau menggunakan kartu kredit dan punya login OTP (One Time Password) kalau bisa jangan di share sama orang lain, karena banyak sekali penipuan di dalam e-commerce berawal dari sini,” kata Stefanie.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.