Mengenal Konsep Cloud Kitchen yang Tengah Naik Daun...

Kompas.com - 29/08/2019, 11:47 WIB
Sejumlah platform di Indonesia tengah mengembangkan konsep cloud kitchen. Salah satunya GrabFood. KOMPAS.com/RENI SUSANTISejumlah platform di Indonesia tengah mengembangkan konsep cloud kitchen. Salah satunya GrabFood.

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat telah mengubah gaya hidup banyak orang. Termasuk dalam persoalan makan.

Di dunia, kini dikenal sebutan cloud kitchen. Sebut saja China. Di sana konsep cloud kitchen sudah terkenal dan kian membesar.

Begitu pun di Amerika Serikat, konsep serupa tengah berkembang.  Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sejumlah platform di Tanah Air tengah mengembangkan cloud kitchen. Salah satu yang sudah mengeksekusi dapur satelit ini adalah Grab.

Baca juga: Cara Cepat Membersihkan dan Merapikan Dapur

Setelah membuka dapur satelit dengan nama GrabKitchen di sejumlah titik di Jakarta, kini Grab membuka di Bandung, dan disusul Bali, pada September 2019.

“Target kami di Bandung ada lima titik sampai akhir tahun.”

Begitu kata Head of Marketing GrabFood and New Business Grab Indonesia, Ichmeralda Altri Rachman kepada Kompas.com di Bandung, Kamis (29/8/2019).

Ichmeralda mengatakan, konsep cloud kitchen yang diadopsinya sudah disesuaikan dengan kondisi pasar Indonesia. Sebab, karakteristik setiap konsumen tentu berbeda.

Misalnya orang Eropa senang membawa makan dari rumah. Sedangkan orang Asia senang membeli makanan.

Dengan cloud kitchen, konsumen ataupun pelaku usaha sangat terbantu.

Baca juga: Makanan Organik Bukan Cuma untuk Orang Sakit

Pada intinya, sambung Ichmeralda, GrabKitchen merupakan dapur delivery-only, yang menggabungkan sejumlah brand makanan dan minuman dalam satu dapur sentral.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X