Waktu Mandi Terbaik demi Kulit Cantik dan Sehat

Kompas.com - 23/09/2019, 10:10 WIB
Ilustrasi mandi IuriiSokolovIlustrasi mandi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bicara soal waktu mandi, mungkin kebanyakan dari kita melakukannya di pagi hari. Hal ini bahkan diungkapkan dalam survei.

Sebuah survei yang diakukan YouGov bersama merek produk perawatan kulit asal Swedia, Foreo, menemukan bahwa 61 persen orang di Inggris rutin mandi setiap pagi.

Hal ini wajar mengingat banyak aktivitas dimulai di pagi hari dan kebanyakan dari kita mandi terlebih dahulu sebelum beraktivitas.

Namun, menurut riset yang dilakukan oleh dermatolog Dr. Simon Zokai, mandi di malam hari sebelum pergi tidur lebih efektif jika kamu menginginkan kulit yang lebih baik.

Sebab jika menunggu pagi hari, semua kotoran, kuman dan racun yang terakumulasi di kulit sepanjang hari berpotensi menyumbat pori-pori kulit kita.

Kondisi ini bisa memicu jerawat, noda bahkan kerusakan kulit jangka panjang.

CEO Foreo, Boris Raspudic setuju bahwa mandi di malam hari merupakan waktu terbaik. Apalagi sebelum tidur kita juga dianjurkan untuk menghapus riasan wajah, minyak, kotoran, dan polutan di wajah.

Meski begitu, bukan berarti mandi di pagi hari tidak penting.

"Mandi di pagi hari membuat kita segar dan terjaga sehingga kita lebih siap meluangkan waktu untuk merencanakan hari," katanya.

Namun, manfaat yang dirasakan ketika mandi pagi jauh berkurang. Jika kamu memang harus mandi di pagi hari, ada baiknya kamu juga tetap melakukannya di malam hari demi kesehatan kulit yang signifikan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X