Waktu yang Tepat Perkenalkan Buah dalam Makanan Pendamping ASI

Kompas.com - 15/10/2019, 15:11 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Sebagian besar bayi sudah siap mendapatkan makanan padat (selain ASI) di usia 5-6 bulan. Pada periode pemberian makanan pendamping ASI ( MPASI) ini, cukupi kebutuhan nutrisinya dari beragam jenis makanan.

Pemberian MPASI idealnya terdiri dari 3 porsi makanan utama dan 2 porsi makanan selingan atau snack.

"Pada menu makanan utama, utamakan daging dan sayuran. Sementara untuk makanan selingan buah bisa jadi pilihan," kata dr.Attila Dewanti, Sp.A(K).

Kebutuhan protein, terutama protein hewani, sangat dibutuhkan bayi pada periode emas pertumbuhannya. Selain itu, yang terpenting adalah memperkenalkan bayi pada beragam rasa dan tekstur makanan secara bertahap sejak usia 6 bulan.

Rasa dan tekstur menu MPASI yang beragam dapat membantu melatih kepekaan indera pengecap anak dan mendukung stimulasi indera lainnya.

Di usia 6 bulan, sumber nutrisi utamanya masih berasal dari ASI atau susu formula. Jadi, jadikan waktu pengenalan MPASI menyenangkan dan rileks, tanpa mengkhawatirkan berapa banyak yang ia makan.

Pemberian snack, menurut Attila, dimaksutkan agar jumlah asupan dan nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik.

"Menu snack juga harus dipastikan kaya rasa dan menarik supaya tidak membosankan. Buah adalah pilihan tepat karena nutrisinya tinggi, punya beragam tekstur dan rasa, serta bermacam-macam warna," katanya.

Baca juga: Tanda-tanda Bayi Bahagia

Bayi cenderung lebih menyukai rasa yang manis, sehingga bayi lebih menyukai buah dan sayuran dengan rasa yang manis seperti pisang, pepaya, wortel, atau pun mangga.

Untuk buah dan sayur dengan tekstur keras, sebaiknya kukus atau rebus dulu agar ia mudah mengonsumsinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X