Kompas.com - 18/11/2019, 21:08 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara ampuh untuk mencegah flu dan virus lainnya adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin.

Tetapi, ada baiknya kamu menghindari pengering tangan berkecepatan tinggi di toilet umum. Penelitian menunjukkan, bahwa pengering tangan - bukannya menghilangkan kuman – melainkan justru menyebarkannya.

Dari hasil penelitian, pengering tangan terbaik adalah kertas tisu berkualitas baik.

“Kami sering mengatakan bahwa mencuci tangan adalah kunci untuk mencegah penyebaran penyakit. Tetapi tangan basah meningkatkan risiko penularan bakteri, jadi pengeringan adalah langkah yang sama pentingnya dalam pencegahan,” kata spesialis perawatan darurat Theresa Lash-Ritter, MD.

Baca juga: Mesin Pengering Tangan Justru Bisa Sebarkan Bakteri

 

Pengering tangan menyebarkan virus lebih banyak

Industri kesehatan dan makanan terobsesi dengan kebersihan tangan. Itu karena di rumah sakit, penularan virus dan bakteri dapat berarti hidup atau mati.

Sedangkan di restoran atau di kapal pesiar, penyakit bawaan makanan seperti e. coli dan norovirus dapat membuat orang sakit parah dan bahkan kritis.

Sebab itu, banyak penelitian berfokus pada teknik cuci tangan dan pengeringan tangan.

Dalam satu penelitian, ahli mikrobiologi membandingkan mengeringkan tangan dengan pengering tangan jet, pengering tangan hangat, dan handuk kertas. Apa yang mereka temukan mengejutkan:

Pengering tangan jet menyebarkan 20 kali lebih banyak virus daripada pengering udara hangat dan lebih dari 190 kali lebih banyak dari handuk kertas, pada enam ketinggian yang berbeda.

Dampak virus terbesar pada 70 cm hingga 122 cm - yaitu sekitar level wajah untuk anak kecil.

Pengering tangan jet mengirimkan 20 kali lebih banyak virus daripada pengering tangan hangat dan lebih dari 190 kali lebih banyak virus daripada kertas tisu, pada sembilan jarak yang berbeda.

Baca juga: Yuk, Latih Si Kecil Selalu Mencuci Tangan Usai dari Toilet

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.