Agar Tak Boros, Simak Tips Menggunakan Dompet Digital

Kompas.com - 28/11/2019, 11:00 WIB
ilustrasi dompet digital shutterstockilustrasi dompet digital
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berkembangnya teknologi, kita tak selalu perlu menggunakan uang secara fisik, tetapi bisa menggunakan uang elektronik. Bentuknya bisa berupa e-money atau e-wallet ( dompet digital).

Saat ini ada beberapa penyedia layanan dompet digital dengan segala promosinya, membuat banyak orang tergiur menggunakannya secara berlebih. Beberapa yang umum digunakan antara lain OVO, Gopay, Dana, Link Aja, Jenius, dan lainnya.

Tapi, berhati-hatilah karena kita bisa saja kebablasan dalam menggunakannya, lho. Simak tips dari Financial Planner, Metta Anggriani berikut agar terhindar dari sikap boros saat menggunakan dompet digital:

1. Menggunakan sebagai budgeting tool

Penggunaan dompet digital yang mudah tak jarang membuat orang kebablasan dan akhirnya menjadi boros.

Namun, kita bisa melihat sisi positifnya bahwa dompet digital bisa juga digunakan sebagai alat budgeting (budgeting tool) yang lebih praktis dan modern. Dengan dompet digital, tentunya ke mana uang kita pergi akan tercatat dengan rapi.

"Dulu orangtua kita mungkin pakai amplop untuk membagi, sekarang amplopnya bisa virtual. Tapi artinya, kita harus tahu penggunaannya," kata Metta pada acara yang digelar theAsianparent di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

2. Tak perlu punya banyak e-wallet

Setiap penyedia layanan dompet digital menawarkan promosi yang menggiurkan. Maka tak heran jika satu orang punya lebih dari satu dompet digital.

Jika kamu salah satunya, kamu juga perlu berhati-hati karena di situlah celah kamu bisa menjadi boros.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X