Berhenti Bertahan bila Hubungan Sudah Tak Sehat

Kompas.com - 10/12/2019, 13:12 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com — Jika kamu sedang berpikir untuk mempertahankan atau mengakhiri hubunganmu, ada baiknya melihat kembali hubunganmu dengan si dia. Apakah masalah yang sedang kalian hadapi saat ini memang sudah tak ada lagi jalan keluar? Atau masalah itu sudah menumpuk sehingga merasa tak lagi bisa diperbaiki?

Baca terus untuk tanda-tanda peringatan bahwa kamu tidak mendapatkan apa yang pantas kamu dapatkan dari pasangan. Berikut tanda-tandanya:

1. Tak lagi bahagia

Indikator terbesar dari seberapa baik hubungan yang sedang dijalin adalah kebahagiaanmu dan pasangan.

Memang tidak ada orang yang bahagia sepanjang waktu, tetapi jika kamu terus merasa sedih dan mencari cinta dan kehangatan di luar, maka hubungan bisa jadi tidak sehat. Jika kamu tidak senang, kemungkinan si dia juga akan memperhatikan.

Cobalah untuk menentukan dari mana kesedihanmu berasal. Apakah kalian sering bertengkar? Apakah kamu berada dalam LDR dan menjadi terlalu tegang? Apakah kamu sudah tumbuh terpisah?

Carilah ujung dari masalah dan selesaikan bersama pasangan. Yakinkan bahwa hal ini bisa diselesaikan dengan baik. Kamu dan pasangan juga harus membuat keputusan bersama jika memungkinkan.

Baca juga: Lima Kebiasaan yang Bisa Merusak Hubungan Pernikahan

2. Si dia sudah tak lagi berkomitmen

Pasanganmu tidak perlu memiliki segalanya dalam hidup. Tetapi jika dia belum membuat langkah besar berikutnya dalam hubungan, seperti mencari pekerjaan, melamar atau berkenalan dengan orangtua, sementara kamu sudah menunggu dengan sabar, kamu harus mencari solusinya.

Kadang-kadang dorongan sedikit sudah cukup untuk membuat mereka termotivasi untuk meningkatkan hubungan, tetapi jika pembicaraan berakhir dengan pertarungan besar atau tidak ada perubahan dalam beberapa bulan ke depan, saatnya untuk mengevaluasi kembali hubungan.

Halaman:


Sumber POP SUGAR
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X