4 Cara Lebih Produktif di Tahun Baru

Kompas.com - 01/01/2020, 14:35 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah DragonImagesIlustrasi bekerja di rumah

KOMPAS.com - Hampir semua orang rasanya membuat resolusi ketika memasuki tahun baru, namun hanya segelintir yang benar-benar serius merealisasikannya.

Sisanya, hanya membiarkan resolusi tersebut menjadi target semata.

Termasuk target produktivitas. Padahal, enterpreneur dan penulis sejumlah judul buku, Damon Brown mengatakan, pergantian tahun bisa menjadi titik awal yang sempurna untuk memulai kembali produktivitas yang kendur di tahun sebelumnya.

"Dalam buku Productive Bite-Sized Entrepreneur aku menuliskan, produktivitas adalah siklus, bukan adu lari cepat. Artinya, kita bisa menentukan kapanpun titik awalnya untuk mengatur ulang prioritas kita dan fokus," katanya.

Berikut empat langkah awal yang bisa kamu mulai untuk meningkatkan kembali produktivitas di awal tahun:

1. Menghapus email dari ponsel

Kedengarannya memang gila. Namun, Brown mengatakan bahwa dirinya mengenal banyak pengusaha sukses menghapus aplikasi email mereka dari ponselnya.

Hasilnya, mereka tidak terus-menerus memeriksa email ketika mereka seharusnya bekerja, berpikir atau mendengarkan.

Kita memang tetap bisa memeriksa email melalui browser web, namun langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk memeriksa email akan memerlambat kita.

Meskipun tidak sepenuhnya menghentikan kita membuka email, secara sadar maupun tidak kita akan menguranginya.

Baca juga: Tetap Kerja Produktif di Momen Libur Panjang

2. Mematikan notifikasi

Kita terbiasa untuk menyalakan notifikasi di ponsel kita. Namun, notifikasi kini menjadi lebih agresif dan getaran di saku seringkali tidak bisa dibedakan, antara keperluan pekerjaan yang mendesak atau sekadar pengingat diskon makan di kafe terdekat.

Demi produktivitas, matikan semua notifikasimu. Kamu bisa membuat pengecualian, misalnya hanya untuk panggilan telepon atau pesan teks dari atasanmu.

3. Jadwal bermedia sosial

Mengatur jadwal bermedia sosial tidak hanya untuk introvert. Bahkan, merencanakan waktu konkret untuk bermedia sosial dapat menghentikan waktu yang selama ini terbuang.

Mendedikasikan hanya, misalnya, 30 menit setiap hari untuk membuka media sosial juga bisa membantu kita lebih produktif dalam bekerja.

Baca juga: Terungkap, Ini Kunci Produktif Seharian di Kantor

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber Inc.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X