7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Kompas.com - 13/01/2020, 16:58 WIB
ilustrasi sariawan shutterstockilustrasi sariawan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sariawan adalah hal yang umum terjadi dan dialami oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu saat sedang makan dan berbicara.

Walau akan hilang dengan sendirinya, kita tetap berharap ada cara mengobati sariawan yang efektif. Cara mengobati sariawan tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan bahan- bahan alami. Bagaimana caranya?

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengeringkan sariawan. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah gelas air dengan satu sendok teh garam dan kemudian berkumur dengan campuran tersebut selama 15-30 detik.

Kamu dapat berkumur dengan air garam setiap beberapa jam, sesuai dengan yang diperlukan.

2. Berkumur dengan campuran air dan soda kue

Selain air garam, campuran air dan soda kue (baking soda) dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan mengurangi peradangan dan mengembalikan keseimbangan pH.

Kamu cukup mencampur setengah gelas air dengan satu sendok teh soda kue. Berkumurlah selama 15-30 detik. Ulangi setiap beberapa jam, sesuai dengan yang diperlukan.

3. Madu

Madu merupakan alternatif untuk mengobati sariawan yang efektif karena dapat mengurangi rasa sakit, peradangan, dan ukuran dari sariawan, serta mencegah munculnya infeksi. Hal ini disebabkan karena madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X