Benarkah Suara di Bioskop Terlalu Kencang untuk Bayi?

Kompas.com - 25/01/2020, 15:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Kenyamanan Si Kecil selalu menjadi prioritas saat memutuskan lokasi orangtua untuk bepergian. Memutuskan untuk menonton ke bioskop mungkin masih membuat ayah dan ibu bimbang.

Apakah boleh membawa bayi ke sana? Bagaimana kenyamanan bayi? Bagaimana kenyamanan penonton lain? Dan yang paling penting, apakah suara bioskop untuk bayi aman?

Meskipun ibu menikmati menonton film, tidak ada salahnya untuk memperhatikan kenyamanan Si Kecil, terutama keamanan pendengarannya.

"Setiap paparan suara keras, terutama di atas level 70 hingga 80 dB, membahayakan telinga bayi dan membahayakan pasien yang rentan kerusakan pendengaran permanen," ujar Brian Reilly, MD, co-director Cochlear Implant Program at Children's Rumah Sakit Nasional.

Seperti dilansir dari NBC News, National Association of Theatres mencatat suara film akan diputar di bawah ambang 85 desibel, tetapi ada beberapa pengecualian.

Laporan pada 2016 itu menyimpulkan bahwa film anak-anak Storks mencatat tingkat desibel rata-rata di bawah 85, tetapi melonjak menjadi 99,3 desibel dalam satu adegan. Sementara film Deepwater Horizon mencapai 101 dan 104,9 desibel dalam beberapa adegan yang menampilkan ledakan besar.

Meskipun masuk dalam kategori film anak, suara bioskop untuk bayi dalam film tersebut tentu mengandung risiko merusak pendengaran bayi, karena berada di atas 70 hingga 80 dB sebagai batas normal.

Baca juga: Cara Deteksi Dini Gangguan Pendengaran pada Bayi

Perlu Anda ketahui, dilansir dari American Speech-Language-Hearing Association, terdapat tingkat kebisingan suara, mulai yang aman hingga berbahaya:

• Suara impuls menyakitkan, yang tidak aman untuk jangka waktu berapa pun: 150 dBP = kembang api setinggi 3 kaki, petasan, senapan, 140 dBP = senjata api,

• Kebisingan stabil yang menyakitkan, yang tidak aman untuk jangka waktu berapa pun: 130 dBA = jackhammer, 120 dBA = lepas landas pesawat jet, sirene, bor,

• Sangat keras, yang berbahaya untuk pendengaran dan harus mengenakan penutup telinga: 112 dBA = output maksimum dari beberapa pemutar MP3, konser rock, gergaji mesin, 106 dBA = blower daun, blower salju, 100 dBA = traktor, mendengarkan dengan earphone, 94 dBA = pengering rambut, blender dapur, pengolah makanan, kereta bawah tanah, sepeda motor yang lewat, mesin pemotong gas,

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X