Kompas.com - 28/01/2020, 07:11 WIB

KOMPAS.com— Cemburu memang bisa jadi tanda cinta, tetapi jika cemburunya membuat kita terkekang, bisa jadi itu merupakan tanda pasangan memiliki ciri kepribadian narsistik.

Sulitnya menentukan apakah kamu sedang berurusan dengan narsistik sejati atau bukan memang bagian dari modus mereka, yang membuat kamu harus menebaknya sendiri.

Tetapi, jika kamu memerlukan satu ciri kuat bahwa yang kamu kencani adalah seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik, maka menurut sains hal itu adalah cemburu berlebihan.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Psychology mengungkap bagaimana kekerasan psikologi dan kecemburuan dapat hadir dalam dua bentuk narsistik yang berbeda yakni besar dan rentan.

Yang pertama adalah ciri yang sudah dikenal luas sebagai perilaku narsis yakni kesombongan, sering memberikan labeling, dan egois.

Bentuk narsistik yang kedua memiliki ego yang sama-sama meningkat, tetapi cenderung malu-malu, cemas, dengan harga diri yang lemah yang gampang terpengaruh oleh tanggapan orang lain. Halus, tapi berbahaya.

Baca juga: Pria Narsis adalah Makhluk Paling Kesepian di Dunia

Para peneliti mensurvei 473 orang dalam hubungan yang stabil untuk menilai kepribadian mereka, perilaku terhadap pasangan mereka, dan tingkat kecemburuan romantis.

Mereka menemukan bahwa kedua bentuk narsisme terkait dengan kekerasan psikologis, tetapi dengan cara yang berbeda.

Sementara narsistik megah dikaitkan langsung dengan kekerasan psikologis yang nyata,  sementara narsisme rentan dihubungkan secara tidak langsung melalui kecemburuan romantis.

Studi sebelumnya telah mengungkap bahwa orang dengan kepribadian narsistik rentan memiliki tingkat kecemasan tinggi dalam hubungan dengan orang lain, sensitif terhadap sinyal atau tanda perpisahan, dan merasakan tekanan lebih besar saat ada perpisahan.

Karakteristik individu ini pada gilirannya  akan membuat mereka lebih waspada terhadap segala hal yang dianggap "ancaman" dalam hubungan. Pada akhirnya mereka jadi gampang cemburuan.

Tentu saja tidak semua orang yang cemburu dalam hubungan adalah narsistik, tetapi itu bisa menjadi faktor yang harus diwaspadai. 

Baca juga: Waspadai, 7 Tanda Kamu Kencan dengan Orang Narsis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.