Tangkas Berinternet, Bantu Ortu Lindungi Anak dari Konten Berbahaya

Kompas.com - 10/02/2020, 19:29 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi orang dewasa, internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, sedangkan bagi anak-anak, internet adalah teknologi yang mengesankan.

Di usia anak-anak, internet membuat mereka sangat penasaran pada kemampuannya untuk menghadirkan segala sesuatu yang mereka cari.

Riset yang dilakukan Google bersama Fluent mengenai "Digital Wellbeing" tahun 2019 menunjukkan, 1 dari 3 pengguna internet adalah anak-anak.

Internet membuka banyak peluang untuk anak bermain, belajar, dan bersosialisasi.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan Paling Banyak Dicari di Mesin Pencari Google

Namun di saat yang sama, penelitian ini juga mengungkap, 83 persen orangtua di Indonesia khawatir jika anak mereka terpapar konten yang tidak pantas atau berbahaya ketika menggunakan internet.

Maka, di saat anak-anak menggunakan internet, sudah menjadi tugas orangtua untuk mendampingi dan mengawasi.

Sehingga orangtua bukan sekadar menyediakan akses internet untuk anak, melainkan juga memastikan mereka senantiasa aman.

Google Luncurkan Program Tangkas Berinternet

Untuk memperingati "Safer Internet Day" atau Hari Aman Berinternet Sedunia yang jatuh setiap 11 Februari, Google Indonesia meluncurkan program Tangkas Berinternet (#TangkasBerinternet).

Program ini dilakukan bersama Yayasan Sejiwa dan Indonesia Online Child Protection (ID-COP), dan mendapat dukungan dari beberapa pihak.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X