Studi: Makan Sebutir Telur Sehari Tak Bikin Kolesterol Naik

Kompas.com - 13/02/2020, 09:50 WIB
Telur ceplok atau telur mata sapi? shutterstock.comTelur ceplok atau telur mata sapi?

KOMPAS.com - Kontroversi tentang aman tidaknya konsumsi telur bagi orang yang punya kadar kolesterol tinggi tampaknya akan mencapai kesimpulan. Para ahli menegaskan, makan telur sebutir setiap hari aman.

Tim peneliti dari Populatioan Health Research Institute (PHRI) menyimpulkan, konsumsi telur sebutir setiap hari tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Makan telur dalam jumlah moderat, yaitu satu butir sehari, juga disebutkan aman untuk penderita diabetes dan tidak akan meningkatkan kadar kolesterol.

Kesimpulan ini dihasilkan dari analisis terhadap tiga penelitian berskala besar yang dilakukan di banyak negara secara jangka panjang.

"Asupan telur dalam jumlah sedang, yaitu satu butir sehari, bagi kebanyakan orang, tidak akan meningkatkan risiko penyakit jantung atau kematian, bahkan pada orang yang punya riwayat penyakit kardiovaskular atau diabetes," kata Mehshid Dehghan, peneliti.

Ia juga mengatakan, tidak ada kaitan antara konsumsi telur dengan kadar kolesterol.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap populasi di 50 negara dari 6 benua tersebut dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Penelitian sebelumnya menyebutkan, walau telur merupakan sumber makanan bernutrisi yang murah, tetapi disarankan untuk membatasi asupannya tiga kali dalam seminggu.

Dijelaskan oleh peneliti dan direktur PHRI Salim Yusuf, studi-studi sebelumnya tentang asupan telur dan penyakit bersifat kontradiksi.

"Ini karena kebanyakan penelitian itu berskala kecil atau sedang, dan tidak melibatkan jumlah responden yang luas dari berbagai negara," kata Yusuf.

Baca juga: Sering Dianggap Menakutkan, Apa Itu Kolesterol?

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X