Kompas.com - 18/02/2020, 06:07 WIB
Desainer Wignyo Rahadi mengangkat kreasi baru kain Batik Betawi dalam koleksi bertema Kleurrijk de Batavia. Dokumen dperancang busana Wignyo RahadiDesainer Wignyo Rahadi mengangkat kreasi baru kain Batik Betawi dalam koleksi bertema Kleurrijk de Batavia.

KOMPAS.com— Desainer Wignyo Rahadi mengangkat kreasi baru kain Batik Betawi dalam koleksi bertema Kleurrijk de Batavia. Dalam koleksi ini digambarkan bagaimana warna-warni keberagaman kultur Betawi di dalam busana siap pakai dan baju muslim.

Koleksi ini menghadirkan kombinasi antara ikon kota Jakarta dan juga kebudayaan Betawi mulai dari Ondel-ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Balang, Baju Sadariah, Kebaya Kerancang, Kerak Telor, dan Bir Pletok karya Batik Elemwe.

Ada pula kain batik motif aneka fauna Kupu-kupu dipadu Tumpal Pucuk Rebung yang dipercaya oleh masyarakat Betawi sebagai penolak bala, buatan Rumah Kebaya Milla House.

Selain itu, terlihat kain batik motif kontemporer Ondel-ondel dan motif klasik Daun Sirih kreasi Batik Gobang Jakarta.

Koleksi ini juga menghadirkan kain dengan motif Bebek Menari karya Batik Marunda yang merupakan kelompok pengrajin batik dari tiga rumah susun di Jakarta, yaitu Marunda, Rawabebek, dan Pesakih.

Batik-batik cantik ini hadir dengan pilihan warna klasik sogan dengan warna dasar hitam dan corak warna cerah seperti putih, merah, oranye, ungu, dan biru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yang istimewa, Wignyo juga memadukan kain Batik Betawi dengan tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) untuk corak full bintik dan salur bintik.

Untuk modelnya, koleksi Kleurrijk de Batavia menghadirkan varian desain seperti, blus, celana, dan dress. Dilengkapi pula dengan outer, seperti bolero, cape, dan cardigan. Tertarik?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.