7 Cara Cuci Tangan untuk Antisipasi Virus Corona

Kompas.com - 02/03/2020, 16:19 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penyebaran virus Corona atau Novel Coronavirus (2019-nCoV) diwaspadai masyarakat. Meski vaksin untuk mencegah infeksi virus tersebut belum ditemukan, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan sebagai antisipasi. Salah satunya adalah dengan cuci tangan.

Ya, salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan cuci tangan sebelum makan maupun melakukan aktivitas apapun menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Pilih sabun maupun cairan pencuci tangan yang mengandung alkohol sebesar 60%.

Cara mencuci tangannya pun harus tepat agar terhindar dari virus Corona, kuman dan bakteri. Lantas, bagaimana cara cuci tangan yang benar?

  • Basahi tangan dengan air, boleh menggunakan air hangat maupun dingin. Lalu tuangkan sabun ke telapak tangan.
  • Usap kedua telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar.
  • Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa. Bersihkan seluruh bagian tangan hingga merata, dari pergelangan tangan, punggung tangan sela-sela jari hingga kuku. Lakukan selama 20 detik.
  • Bersihkan seluruh bagian jari dengan gerakan memutar, satu demi satu.
  • Bilas tangan hingga bersih dari sisa sabun dan kotoran.
  • Keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih.

Jika kesulitan menemukan sabun, kamu dapat cuci tangan menggunakan cairan pencuci tangan seperti hand sanitizer. Pastikan produk tersebut mengandung kadar alkohol setidaknya 60%.

Caranya, tuangkan cairan secukupnya pada telapak tangan. Lalu, usapkan secara merata ke seluruh bagian tangan hingga cairan mengering.

Meski demikian, jika kondisi tangan sangat kotor, sangat disarankan untuk tetap mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Baca juga: Tak Perlu Panik Berlebih, Simak Tips Cegah Infeksi Covid-19

Kesalahan umum saat mencuci tangan

Meski tampak sederhana, sebagian besar individu kerap salah menjalankan aktivitas cuci tangan, tanpa memperhatikan proses cuci tangan yang tepat dan semestinya. Kesalahan umum yang sering terjadi saat mencuci tangan antara lain:

Hanya memakai air, tanpa sabun

Tidak sedikit individu yang cuci tangan sebelum makan menggunakan air saja. Padahal air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X