Kompas.com - 07/03/2020, 15:11 WIB
Penata rambut di China menjaga jarak dengan pelanggannya untuk mencegah penularan virus corona. DailymailPenata rambut di China menjaga jarak dengan pelanggannya untuk mencegah penularan virus corona.

KOMPAS.com - Aktivitas sehari-hari penduduk di China yang sempat lumpuh akibat wabah Covid-19 berangsur mulai normal. Meski begitu, beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi diri tetap dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Seperti yang terlihat pada beberapa salon dan barbershop. Penata rambut di sana sangat berhati-hati untuk tidak melakukan kontak fisik dengan kliennya.

Alat-alat pangkas rambut seperti sisir, gunting, pisau cukur, dipasang di ujung tongkat panjang. Penata rambut pun mengerjakan rambut kliennya berjarak sekitar tiga kaki dengan tongkat tersebut.

"Alat-alat ini kami sebut sebagai 'potong rambut jarak jauh'," kata penata rambut He bing di salonnya yang berada di kota Luzhou di provinsi Sichuan.

Tidak hanya untuk menggunting rambut, pengerjaan mencuci rambut dan mengeringkan dengan blow dry pun menggunakan tongkat tersebut.

Pemilik salon mengatakan, mereka memiliki ide ini untuk membuat para pelanggannya merasa aman. Selain itu, para hair stylist itu juga mengenakan masker dan sarung tangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Alat ini memang tidak bekerja sebaik jika kita menggunakan langsung dengan tangan, tapi ini demi keamanan pelanggan," kata pemilik barbershop dari provinsi Henan, Wu Junlong.

He Bing mengatakan, menjadi penata rambut di era wabah Covid-19 ini dibutuhkan tangan yang kuat.

Baca juga: Merasa Terpapar Virus Corona, Kapan Harus ke Dokter?

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.