Tempat Paling Banyak Kuman di Pusat Kebugaran

Kompas.com - 12/03/2020, 07:54 WIB
Ilustrasi pusat kebugaran shutterstockIlustrasi pusat kebugaran

KOMPAS.com - Cepatnya penyebaran virus corona ke berbagai negara membuat kita lebih peduli terhadap tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman penyakit. Termasuk ketika berada di pusat kebugaran karena ini merupakan tempat berkumpulnya orang dan mereka menggunakan alat secara bergantian.

Jika sudah mengetahui area mana yang kira-kira menjadi tempat favorit kuman, ada baiknya menghindari area tersebut atau lebih menjaga kebersihan setelah menyentuhnya.

Jadi, area mana saja yang perlu diwaspadai di pusat kebugaran?

1. Area dengan keringat

Dari perspektif kesopanan, sangatlah jorok jika berkeringat pada alat-alat olahraga yang digunakan bersama di pusat kebugaran, termasuk di lantai. Dari sudut pandang kesehatan, keringat membantu perpindahan bakteri dan virus dari satu tempat ke tempat lain.

Ketika ada tambahan keringat, permukaan apapun yang sudah kotor di pusat kebugaran pada dasarnya menjadi sarang penuh kuman jahat.

Ingatlah bahwa mengeringkannya dengan handuk tidak sama dengan disinfektan. Menggunakan semprotan antibakteri atau tisu sebelum meletakkan handuk di area pusat kebugaran akan sangat membantu menjaga terkena kuman penyakit.

Baca juga: Benarkah Sabun Antibakteri Efektif Membunuh Kuman?

2. Peralatan bersama

Kondisi peralatan bersama di pusat kebugaran lebih buruk daripada yang kamu duga. Peneliti dari Kent State University yang meneliti 16 pusat kebugaran berbeda menemukan bahwa hampir 40 persen dari semua permukaan mengandung Staph, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi serius.

Menurut peneliti utamanya, Mark Dalman, Ph.D, alat yang kemungkinan besar mengandung kuman tersebut adalah medicine ball (exercise ball) yang mencatat angka hampir dua kali lipatnya dari persentase itu.

Halaman:


Sumber menshealth
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X