3 Jenis Bahan Makanan Penting Selama Isolasi di Rumah

Kompas.com - 19/03/2020, 20:16 WIB
Ilustrasi memasak Ilustrasi memasak

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pemerintah mengimbau masyarakat melakukan pembatasan sosial atau social distancing dengan berada di rumah saja, banyak orang yang khawatir dan membeli bahan makanan berlebihan.

Padahal, sebetulnya masyarakat bisa memilah bahan-bahan makanan mana saja yang diperlukan untuk disimpan sebagai stok di rumah.

"Orang kan banyak yang kepikiran makannya saja, tapi kan kualitasnya harus bagus juga," demikian diungkapkan Chef Yuda Bustara ketika dihubungi, Kamis (19/3/2020).

Untuk mempermudah memilih bahan makanan yang diperlukan dan tidak melakukan panic buying, chef Yuda menyarankan kita mempersiapkan tiga jenis makanan berikut:

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi satu dari tiga komponen paling penting yang harus ada dalam setiap menu makanan kita. Ingatlah bahwa karbohidrat tak hanya nasi putih, sehingga kamu tidak perlu memborong banyak beras untuk disimpan di rumah.

"Kita punya banyak opsi jadi enggak perlu panic buying. Beras juga bisa diganti kentang, pasta, singkong, mie, dan lainnya," kata dia.

Baca juga: Tak Perlu Panic Buying, Ini Daftar Stok Makanan yang Diperlukan

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

2. Protein

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah didapatkan dan juga murah. Kamu juga bisa membeli beberapa opsi daging kalengan, misalnya tuna atau kornet agar bisa disimpan lebih lama.

Namun, jangan ragu jika ingin membeli daging segar, misalnya daging sapi atau ayam, karena kamu tetap bisa menyimpannya dengan cara dibekukan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X