Apakah Hand Sanitizer Kedaluwarsa Bisa Cegah Virus Corona?

Kompas.com - 02/04/2020, 10:07 WIB
Ilustrasi hand sanitizier untuk cegah virus. Dok.ShutterstockIlustrasi hand sanitizier untuk cegah virus.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di tengah melambungnya kebutuhan masyarakat akan hand sanitizer, kita harus lebih berhati-hati lagi sebelum membelinya.

Sebelum menggunakannya, lihatlah dulu tanggal kedaluwarsanya. Sebab, hand sanitizer kedaluwarsa dianggap tidak efektif lagi dalam membunuh virus di tangan, termasuk Covid-19.

Biasanya, "usia" hand sanitizer bisa mencapai 2-3 tahun. Setelah itu, efektivitasnya dalam membunuh kuman dan virus menurun.

Tanggal kedaluwarsa menandakan bahwa bahan aktif yang dikandung hand sanitizer seperti alkohol, sudah tidak stabil dan efektif. Itulah sebabnya, kita disarankan untuk tidak menggunakannya lagi.

Apalagi di tengah masa darurat virus corona, ketika banyak orang yang berlomba-lomba membeli hand sanitizer. Ditakutkan, rasa khawatir bisa membuat orang "melupakan" hal-hal penting, seperti tanggal kedaluwarsa hand sanitizer.

Perlu diakui, menggunakan hand sanitizer kedaluwarsa yang dioleskan ke kulit tangan, memang tidak berbahaya.

Namun ingatlah, bahan aktif yang dikandungnya, seperti alkohol, sudah tidak seefektif dulu lagi, atau bahkan tidak efektif sama sekali.

Baca juga: Bikin Hand Sanitizer Sendiri Belum Tentu Efektif, Apa Alasannya?

Kesimpulannya, kita disarankan untuk tidak menggunakan hand sanitizer kedaluwarsa untuk membunuh virus corona yang mungkin "hinggap" di tangan. Belilah hand sanitizer baru yang mengandung alkohol.

Mengapa hand sanitizer bisa kedaluwarsa?

Hand sanitizer mengandung alkohol, yang akan menguap ketika terekspos oleh udara. Walaupun cairan hand sanitizer berada di dalam botol yang tertutup rapat, tetap saja botol itu tidak kedap udara. Itu artinya, udara masih bisa masuk ke dalam, sehingga alkohol bisa menguap.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X