Hari Belanja Brand Lokal, Perjuangan Melawan Dampak Negatif Covid-19

Kompas.com - 25/04/2020, 20:00 WIB
. HBBL.

KOMPAS.com -  Sebanyak 1.152 brand lokal memeriahkan Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) pertama di Indonesia, 25-27 April 2020 melalui berbagai kanal online.

Panitia HBBL, Achmad Alkatiri menceritakan awal mula HBBL tercetus.

Setelah 2-3 minggu Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia, brand lokal Indonesia menjadi salah satu jenis usaha yang langsung terkena dampaknya.

Baca juga: 1.152 Merek Ramaikan Hari Belanja Brand Lokal, Yuk Ikutan...

“Revenue brand lokal drop 30-60 persen karena krisis Covid-19,” tutur Achmad dalam konferensi pers virtualnya, Sabtu (25/4/2020).

Kondisi ini kemudian memberikan dampak negatif terhadap keberlangsungan bisnis brand lokal yang mayoritas adalah UMKM.

Beberapa brand terpaksa merumahkan karyawannya, misalnya para tukang jahit. Mereka pun kebingungan mengeluarkan barang.

Sebab, pandemi ini berbarengan dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri. Waktu yang sebenarnya mereka andalkan untuk menjual produknya.

“Penjualan (saat Ramadhan) sering dijadikan brand lokal naik kelas. Misal dari awalnya (bermodal) Rp 100-200 juta menjadi Rp 300-400 juta,” tutur Achmad.

Baca juga: Brand Lokal Bandung Bikin APD Reusable untuk Tenaga Medis

Berangkat dari pengalaman dan data tersebut, para pengusaha itu pun berani mengambil risiko dengan meminjam uang ke bank, untuk memproduksi barang yang akan dijual di saat Ramadhan.

Keprihatinan itu mendorong Achmad dan sejumlah pengusaha brand lokal menginisiasi HBBL.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X